Pengertian Mail Merge dan Cara Menggunakannya

by Unknown , at 20:23 , has 0 comments

Mail Merge

Mail merge 

adalah fasilitas yang ada di Microsoft Word yang digunakan untuk menulis surat untuk ke beberapa tujuan tanpa mengubah isi surat tersebut, misalnya kita ingin mengirim surat ke si a dan si b dengan isi surat yang sama, kita tinggal menggunakan mail merge. Jadi dengan mail merge kita tidak usah menulis isi surat dari awal demi mengganti nama yang ingin dituju.

Cara menggunakan mail merge pada Microsoft Word 2010 adalah sebagai berikut  :

  1. Buka aplikasi Ms. Word 2010
 1
  1. Buat surat ,misal yang akan kita mail merge-nya adalah nama dan tempat .
 1a

  1. Pilih Mailings – Start Mail Merge – Step by step Mail Merge Wizard
 2
  1. Setelah muncul jendela Mail Merge disebelah kanan ,lalu tekan Letters karena kita akan membuat surat,lalu klik next starting document.
 3
  1. pilih use the current document,lalu klik next slect recipients
`
 4
  1. pilih type a new list ,lalu pilih create.
 5

  1. Akan muncul jendela baru dimana pada kolomnya tertera “Title”, “Last Name”, dll. Karna bukan itu yang kita butuhkan, maka kita pilih Costumize Columns
 6
  1. Hapus semua field names,karena kita tidak membutuhkan itu semua,yang kita butuhkan hanyalah nama dan tempat saja.
 7
  1. Jika sudah dihapus semua maka klik add,lalu tulis field names yang dibutuhkan,lalu klik ok.
 8
  1. Klik ok.
 9

  1. Pada jendela baru yang muncul New Address List, silahkan isi data pada baris pertama.Untuk menambahkan data baru, klik aja tombol New Entry,jika sudah klik ok.
 10
12. setelah itu anda disuruh menyimpan data fiel tadi,pastikan letak penyimpanannya sama dengan letak penyimpanan Ms.Word-nya.
11
13.   Kalo udah yakin semua nama ter-centang, klik tombol OK
Klik Next: Write your letters.
12
13

 14.   Letakkan kursor dibagian yang akan kita tempatkan nama,klik insert margin field, klik nama .
 15

 15.   Klik next preview your letters.
 16
 16.   Pada tahap ini kita diperlihatkan hasil dari Mail Merge. Karna kita telah membuat 2 recipient, maka kita dapat melihatnya dengan meng-klik tombol panah >> atau <<
17
17.   Kita telah selesai membuat Mail Merge.
Kalau mau langsung print bisa mengklik menu Print atau jika ingin meng-edit individual bisa mengklik menu Edit individual letters.
Saat kita memilih Edit individual letters, maka masing-masing nama akan tampil di masing-masing halamannya.
 18

Pengertian Mail Merge dan Cara Menggunakannya
About
Pengertian Mail Merge dan Cara Menggunakannya - written by Unknown , published at 20:23, categorized as Pengetahuan . And has 0 comments
0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Adhi's Blog by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->