Microsoft Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel
adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platformPC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2013 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2013.Fungsi – fungsi pada Microsoft Excel :
- SUM
SUM adalah fungsi untuk mencari jumlah isi data pada range tertentu pada Microsoft Excel.
- MAX
MAX adalah fungsi untuk mencari nilai tertinggi dari suatu range pada Microsoft Excel.
- MIN
MIN adalah Fungsi untuk mencari nilai terendah dari suatu range pada Microsoft Excel.
- AVERAGE
Untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range pada Microsoft Excel.
- IF
IF adalah Formula logika untuk menghitung atau menentukan nilai sebuah pernyataan dimana fungsi IF akan memberikan nilai tertentu jika logika itu benar atau salah pada Microsoft Excel.
- HLOOKUP
HLOOKUP adalah fungsi untuk mengambil data dari tabel referensi kemudian dimasukkan ke tabel kerja. Dan menghitung data referensi secara Horizontal pada Microsoft Excel.
- VLOOKUP
untuk mengambil data dari tabel referensi kemudian dimasukkan ke tabel kerja. Dan menghitung data referensi secara vertikal pada Microsoft Excel.
- Left
Fungsi left digunakan untuk mengambil karakter dari sebelah kiri suatu teks. Bentuk umum =LEFT(text,num_chars). Dimana text adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kiri, num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil pada Microsoft Excel.
- Mid
ini digunakan untuk mengambil sebagian karakter bagian dari suatu teks. Bentuk umum pemakaian fungsi ini adalah =MID(text,start_num,num_chars). Artinya mengambil sejumlah karakter mulai dari start_num, sebanyak num_char pada Microsoft Excel.
- Right
Fungsi right digunakan untuk mengambil sejumlah karakter dari sebelah kanan teks.. Bentuk umum penulisannya adalah =RIGHT(text,num_chars). Dimana text adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kanan, num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil pada Microsoft Excel.
- Count
Fungsi count digunakan untuk mencari jumlah angka pada Microsoft Excel.
L. Len
L. Len
Digunakan untuk menghitung jumlah karakter pada suatu teks pada Microsoft Excel. Bentuk umum =LEN(text)
Berikut contoh cara mengoprasikan Ms.Excel :
- Buka aplikasi Ms.Excel .
- Buatlah tabel untuk dikerjakan,sebagai contoh Laporan Keuangan Rumah Sakit Margono,pengisian tabel akan dikerjakan berdasarkan keterangan yang terdapat pada gambar .
- Pada tabel kelas masukkan fungsi =VLOOKUP(LEFT(C6;1);$N$7:$P$10;2;FALSE),pada setiap pengisian table array dilakukan penguncian dengan menekan tombol F4 pada keyboard (N7:P10 dikunci menjadi $N$7:$P$10)
- Hasilnya
- Pada tabel Lama Menginap masukkan fungsi =SUM(E7-D7)+1 .
- Pada tabel Tarif yang dibayar masukkan fungsi =VLOOKUP(LEFT(C6;1);$N$7:$P$10;3;FALSE) .
- Pada tabel Pajak 10% masukkan fungsi =(J6*10%) .
- Pada tabel Total Bayar masukka fungsi =(J6+K6).
- Untuk mencari Total Pendapatan ,maka masukkan fungsi =SUM(L6:L15)
- SELESAI