PERANCANGAN STRUKTUR
DATA YANG EFISIEN UNTUK PEMROGAMAN ANALISIS JARINGAN (Jurnal 2)
ADT(Abstract Data Type) dirancang untuk
menimpan data matriks berukuran besar sesuai kapasitas memori komputer.ADT juga
dapat digunakan untuk menyusun perangkat lunak untuk menyelesaikan persoalan
pencarian rute pendek (shortest route) dan persoalan minimasi jaringan atau
rentang pohon minimal(minimal spanning tree).
Analisis jaringan merupakan suatu
masalah dalam penelitian operasional yang mencakup persoalan pencarian rute
terpendek ,persoalan minimasi jaringan dan persoalan aliran maksimum.Dalam
penelitian ini akan digunakan bahsa pemrograman pascal dengan ompiler Delphi
2.0 .Masalah perancangan suatu ADT adalah bagaimana dengan menggunakan memori
kkomputer seminimum mungkin dihasilkan kecepatan eksekusi program yang maksimum
.
Suatu jaringan terdiri atas suatu set
titik-titik yang dihubungkan yang disebut dengan node.Node tertentu dihubungkan
dengan node lain dengan sebuah garis yang disebut dengan busur (edge).Suatu
busur bisa searah atau tak searah .
Persoalan Rute Terpendek (shortest route)
Yang menjadi masalah adalah mencari rute dengan jarak
terpendek dari suatu node ke node yang lainnya dengan angka pada busur
merupakan jarak node yang dihubungkan oleh busur tersebut.
Untuk memecahkan persoalan ini bisa menggunakan algoritma
Dijkstra atau algoritma Floyd (Dimyati,1992)(Wirt,1976).Algoritma Dijkstra
digunakan untuk mencari rute terpendek dari satu node sumber ke semua node yang
lain.Algoritma Floyd diggunakan untuk mencari node dari semua node ke node yang
lain .
Inti dari algoritma Floyd adalah untuk mencari jarak
terdekat antar dua node
Persoalan Rentang Pohon Minimal (Minimal Spanning Tree)
Dalam persoalan ini yang menjadi masalah adalah
menghubungkan semua node yang ada dengan jarak minimum.Cara penyelesaian :
1.
Diplih
secara sembarang salah satu node ,kemudian node ini dihubungkan dengan node
lain yang teredekat.
2.
Ditentukan dengan node lain yang belum terhubung
yang teredekat dengan node-nde yang telah terhubung.
Struktur Data Graph
Graph adalah suatu ADT yang digunakan untuk menangami
masalah jaringan. Berikut
adalah graph dalam pascal :
const
MaxNode = 100;
type
Graph = object
{ data }
N : integer;
A : array[1..MaxNode,
1..MaxNode] of real;
{ metoda manipulasi data }
procedure ………
function ………
end;
N digunakan untuk menyimpan
banyaknya node, A merupakan
array dua dimensi untuk
menyimpan
jarak antar node.
Perancang Input Program
Perangkat lunak dibuat dengan bahasa pemrograman Borland Delphi 2.0
yang bekerja pada lingkungan sistem operasi 32 bit.
Perangkat lunak menerima masukan
data berupa file text dan keluarannya juga berupa file text
yang berisi penyelesaian
masalah
langkah demi langkah.
Perancangan Obyek TData Matrix Real
Perancangan ini merupakan inti dari pemecahan masalah dala penelitian ini yang berisi data dan metode untuk memanipulasi data matrix berukuran besar.
Kerangka obyek ini adalah:
const
TDataMatrixMaxElement = 600;
TDataMatrixMaxBlock = 600;
type
TDataMatrixRealData =
array[0..TDataMatrixMaxElement-1]
of real;
TDataMatrixRealPtr =
^TDataMatrixRealData;
TDataMatrixReal = object
{ data }
row, col, block : word;
Data : array
[0..TDataMatrixMaxBlock-1]of
TDataMatrixRealPtr;
{ metoda }
constructor Init
(xrow,xcol:word);
destructor Done;
procedure SetValueAll (D:Real);
function Get (i,j:word) : Real;
procedure Put (i,j:word; D:Real);
end;
Data yang terdapat didalam objek :
1.
Row, untuk menyimpan banyaknya baris
2.
Col ,untuk menyimpan banyaknya kolom
3.
Block ,untuk menyimpan banyaknya blok yang
diinginkan .
4.
Data, Untuk menyimpan data matriks.
Metoda pada objek :
1.
Init, untuk memessan memori.
2.
Done, untuk mengembalikan memori yang telah
dipesan .
3.
Get, untuk mendapatkan nilai elemen matrik pada
baris i dan kolom j.
4.
Put, untuk mengisi nilai elemen matrik pada
baris i kolom j .
Perancangan Obyek Tgraph
Objek untuk menangani data jaringan yang berisi data matriks
jarak antar node dan metoda untuk membaca milai tersebut dari file.
Pengujian Data Berukuran Besar
Pada uji coba data matriks yang berukuran 600x600 yang membutuhkan ruang memori 600x600x4 byte,program ini membutuhkan waktu sekitar 3 menit agar dapat menyelesaikan masing-masing masalah diatas.Dari semua penjelasan diatas dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.
Struktur data graph yang telah dirancang dan
diimplementasikan dapat untuk menyimpan data matriks yang berukuran besar
sesuai dengan kapasitas komputer.
2.
Program yang telah dibuat dengan memanfaatkan
struktur data graph mampu memecahkan masalah jaringan dengan tepat dan memberikan pemecahan langkah
demi langkah .